Nasi Liwet Wongso Lemu Makanan Gurih Nikmat Khas Kota Solo

Kategori │Wisata

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo - Saat kamu berkunjung ke Kota Solo pada pagi maupun malam hari, kamu akan di sambut dengan deretan para penjual makanan yang begitu terkenal dan menjadi salah satu makanan khas dari Kota Solo, yaitu Nasi Begitu terkenalnya Nasi Liwet khas Solo membuat banyak pedagang yang menjual makanan Nasi Liwet khas Solo.

Namun hanya satu warung makan Nasi Liwet khas Solo yang melegenda serta sudah terkenal akan cita rasanya yang nikmat sehingga selalu ramai dipadati oleh para pembelinya yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu. Dan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo yang asli adalah yang terdapat akan tulisan Ibu Cipto Sukani. Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani ini berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Kota Solo, Jawa Tengah.

Ibu Wongso mulai menjual Nasi Liwet khas Solo ini sejak tahun 1950. Dinamakan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu dikarenakan ibu Wongso adalah sebuah ibu penjual Nasi Liwet yang memiliki postur tubuh yang gemuk, atau dalam Bahasa Jawa disebut Lemu. Namun Ibu Wongso sekarang sudah meninggal dunia dan ketiga anaknyalah yang meneruskan penjualan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini pada tiga warung yang berbeda-beda namun letaknya bersebelahan. Dan warung makan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani adalah warung makan Nasi Liwet khas Solo dari anak Ibu Wongso yang paling tua atau anak sulungnya.



Kain putih lebar yang menutup dari atap seng hingga kepermukaan jalan dengan tulisan besar berwarna merah menyala, membuat pengunjung serta pembeli mudah mencari warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani. Tulisan berukuran besar serta berwarna merah menyala juga sebagai simbol dari Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani yang akan membedakan warung nasi Nasi Liwet khas Solo dengan Nasi Liwet khas Solo lainnya. Walaupun warung makan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani berada di jalur pejalan kaki atau pedestrian, tidak membuat Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani menjadi sepi akan pengunjung dan pembeli. Tetapi menjadi salah satu ciri khas pedagang Nasi Liwet khas Solo.

Tidak muatnya warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani untuk menampung pembeli yang datang, Ibu Cipto Sukani lalu meluaskan warungnya dengan menyediakan bangku tempat duduk untuk para pembeli di dalam rumahnya. Walaupun tempat berjualannya sampai ke dalam rumah, Ibu Cipto Sukani tetap memilih menyiapkan makanan untuk para pembeli di emperan atau di depan rumahnya seperti sebelum diluaskan hingga masuk ke dalam rumahnya.

Wisata Kuliner Nasi Liwet Wongso Lemu Solo

Ketika sampai ke Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani, pengunjung akan melihat suasana khas Kota Solo dengan sepasang suami istri yaitu Ibu Cipto Sukani beserta suami yang rapi serta memakai baju khas Jawa. Ibu Cipto Sukani yang masih terliat cantik dengan memakai baju kebaya lengkap dengan kain Jarik khas Solo serta menggulung rambutnya seperti konde kecil. Di warung makan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani, Ibu Cipto Sukarni beserta suami sudah tua atau dalam Bahasa Jawa disebut sepuhlah yang menyiapkan, menyajikan serta mengantarkan semua pesanan para pembeli di mejanya.

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani

Ibu Cipto Sukani yang juga Lemu atau gemuk seperti mendiang ibunya yaitu Ibu Wongso masih bisa menyiapkan serta menyajikan makanan Nasi Liwet khas Solo untuk para pembelinya. Sementara suaminya bertugas untuk menyiapkan serta mengantarkan minuman untuk para pembeli ke mejanya. Ketika pengunjung ingin menikmati Nasi Liwet legendaris khas Solo ini, pengunjung dan pembeli haruslah sabar serta tidak emosian. Karena sudah sepuh, suami dari Ibu Cipto Sukani ini terkadang mengantarkan pesanan minuman yang tidak sesuai dengan pesanan pembeli sehingga tak jarang suami Ibu Cipto Sukani atau pembeli sendiri yang menukar minuman pesanannya dengan para pembeli lain yang minumannya tertukar.

Keunikan lain dari Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani adalah berasnya dimasak setengah matang dengan santan. Lalu gurihnya nasi dipadukan dengan rasa manis dan pedas dari sayur labu siam menciptakan kombinasi rasa yang begitu nikmatnya. Ditambah dengan lezatnya suwiran ayam pindang, jeroan ayam, telur ayam pindang serta areh yang dibubuhkan di atas Nasi Liwet membuat pengunjung dan pembeli merasakan kenikmatan serta kelezatan khas Nasi Liwet yang lain dari kota lainnya.

Areh sendiri adalah santan kental yang dimasak lalu diabil sari patinya dan areh ini menjadi kunci utama kenikmatan serta kelezatan Nasi Liwet khas Solo. Walaupun sudah lengkap akan berbagai macam lauk, pengunjung dan pembeli bisa menambahkan lauk lain yang disediakan oleh Ibu Cipto Sukani.

Cara penyajiannya yang khas dnegan menggunakan pincuk dari daun pisang menambah aroma khas pada Nasi Liwetnya. Dan untuk pembeli dan pengunjung yang kesulitan menikmati Nasi Liwet menggunakan pincuk, pengunjung dan pembeli bisa meminta alas piring dari rotan untuk memudahkan menikmati Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani yang lezat ini.

Rekomendasi Wisata:

Fenomena Kulminasi Pontianak Event Wisata Menarik di Indonesia

Tempat terbaik Perayaan Tahun Baru Di Seluruh dunia


Walaupun dilengkapi dengan lauk yang komplit, harga dari Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani ini begitu murah yaitu hanya Rp 15.000 rupiah saja. Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani bisa dikatakan sebagai kuliner malamnya Wong atau orang Solo, dikarenakan warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani ini buka mulai dari jam 17.00 sore sampai jam 01.00 dini hari.




  • Artikel (Wisata)dari kategori yang sama


    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Nasi Liwet Wongso Lemu Makanan Gurih Nikmat Khas Kota Solo
      Komentar(0)