Nasi Liwet Wongso Lemu Makanan Gurih Nikmat Khas Kota Solo

Kategori │Wisata

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo - Saat kamu berkunjung ke Kota Solo pada pagi maupun malam hari, kamu akan di sambut dengan deretan para penjual makanan yang begitu terkenal dan menjadi salah satu makanan khas dari Kota Solo, yaitu Nasi Begitu terkenalnya Nasi Liwet khas Solo membuat banyak pedagang yang menjual makanan Nasi Liwet khas Solo.

Namun hanya satu warung makan Nasi Liwet khas Solo yang melegenda serta sudah terkenal akan cita rasanya yang nikmat sehingga selalu ramai dipadati oleh para pembelinya yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu. Dan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo yang asli adalah yang terdapat akan tulisan Ibu Cipto Sukani. Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani ini berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon Kulon, Kota Solo, Jawa Tengah.

Ibu Wongso mulai menjual Nasi Liwet khas Solo ini sejak tahun 1950. Dinamakan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu dikarenakan ibu Wongso adalah sebuah ibu penjual Nasi Liwet yang memiliki postur tubuh yang gemuk, atau dalam Bahasa Jawa disebut Lemu. Namun Ibu Wongso sekarang sudah meninggal dunia dan ketiga anaknyalah yang meneruskan penjualan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini pada tiga warung yang berbeda-beda namun letaknya bersebelahan. Dan warung makan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani adalah warung makan Nasi Liwet khas Solo dari anak Ibu Wongso yang paling tua atau anak sulungnya.



Kain putih lebar yang menutup dari atap seng hingga kepermukaan jalan dengan tulisan besar berwarna merah menyala, membuat pengunjung serta pembeli mudah mencari warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani. Tulisan berukuran besar serta berwarna merah menyala juga sebagai simbol dari Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani yang akan membedakan warung nasi Nasi Liwet khas Solo dengan Nasi Liwet khas Solo lainnya. Walaupun warung makan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani berada di jalur pejalan kaki atau pedestrian, tidak membuat Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani menjadi sepi akan pengunjung dan pembeli. Tetapi menjadi salah satu ciri khas pedagang Nasi Liwet khas Solo.

Tidak muatnya warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani untuk menampung pembeli yang datang, Ibu Cipto Sukani lalu meluaskan warungnya dengan menyediakan bangku tempat duduk untuk para pembeli di dalam rumahnya. Walaupun tempat berjualannya sampai ke dalam rumah, Ibu Cipto Sukani tetap memilih menyiapkan makanan untuk para pembeli di emperan atau di depan rumahnya seperti sebelum diluaskan hingga masuk ke dalam rumahnya.

Wisata Kuliner Nasi Liwet Wongso Lemu Solo

Ketika sampai ke Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani, pengunjung akan melihat suasana khas Kota Solo dengan sepasang suami istri yaitu Ibu Cipto Sukani beserta suami yang rapi serta memakai baju khas Jawa. Ibu Cipto Sukani yang masih terliat cantik dengan memakai baju kebaya lengkap dengan kain Jarik khas Solo serta menggulung rambutnya seperti konde kecil. Di warung makan Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani, Ibu Cipto Sukarni beserta suami sudah tua atau dalam Bahasa Jawa disebut sepuhlah yang menyiapkan, menyajikan serta mengantarkan semua pesanan para pembeli di mejanya.

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani

Ibu Cipto Sukani yang juga Lemu atau gemuk seperti mendiang ibunya yaitu Ibu Wongso masih bisa menyiapkan serta menyajikan makanan Nasi Liwet khas Solo untuk para pembelinya. Sementara suaminya bertugas untuk menyiapkan serta mengantarkan minuman untuk para pembeli ke mejanya. Ketika pengunjung ingin menikmati Nasi Liwet legendaris khas Solo ini, pengunjung dan pembeli haruslah sabar serta tidak emosian. Karena sudah sepuh, suami dari Ibu Cipto Sukani ini terkadang mengantarkan pesanan minuman yang tidak sesuai dengan pesanan pembeli sehingga tak jarang suami Ibu Cipto Sukani atau pembeli sendiri yang menukar minuman pesanannya dengan para pembeli lain yang minumannya tertukar.

Keunikan lain dari Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani adalah berasnya dimasak setengah matang dengan santan. Lalu gurihnya nasi dipadukan dengan rasa manis dan pedas dari sayur labu siam menciptakan kombinasi rasa yang begitu nikmatnya. Ditambah dengan lezatnya suwiran ayam pindang, jeroan ayam, telur ayam pindang serta areh yang dibubuhkan di atas Nasi Liwet membuat pengunjung dan pembeli merasakan kenikmatan serta kelezatan khas Nasi Liwet yang lain dari kota lainnya.

Areh sendiri adalah santan kental yang dimasak lalu diabil sari patinya dan areh ini menjadi kunci utama kenikmatan serta kelezatan Nasi Liwet khas Solo. Walaupun sudah lengkap akan berbagai macam lauk, pengunjung dan pembeli bisa menambahkan lauk lain yang disediakan oleh Ibu Cipto Sukani.

Cara penyajiannya yang khas dnegan menggunakan pincuk dari daun pisang menambah aroma khas pada Nasi Liwetnya. Dan untuk pembeli dan pengunjung yang kesulitan menikmati Nasi Liwet menggunakan pincuk, pengunjung dan pembeli bisa meminta alas piring dari rotan untuk memudahkan menikmati Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani yang lezat ini.

Rekomendasi Wisata:

Fenomena Kulminasi Pontianak Event Wisata Menarik di Indonesia

Tempat terbaik Perayaan Tahun Baru Di Seluruh dunia


Walaupun dilengkapi dengan lauk yang komplit, harga dari Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani ini begitu murah yaitu hanya Rp 15.000 rupiah saja. Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani bisa dikatakan sebagai kuliner malamnya Wong atau orang Solo, dikarenakan warung Nasi Liwet Wongso Lemu Solo Ibu Cipto Sukani ini buka mulai dari jam 17.00 sore sampai jam 01.00 dini hari.






  • Tempat terbaik Perayaan Tahun Baru Di Seluruh dunia

    Kategori │Wisata

    Pesta tahun baru tentu saja datang sekali dalam setahun dengan kata lain untuk menikmati pesta tersebut kita harus menunggu. Tahun Baru datang tetapi sekali setahun, sehingga layak untuk membuat festivites mengesankan. Tapi di mana adalah tempat terbaik untuk menjadi ketika jam pemogokan tengah malam pada tanggal 31 Desember? Kami telah menjelajahi dunia untuk perayaan tahunan terbaik, dari pantai Rio de Janeiro ke Berlin Brandenberg Gate. menyenangkan tidak harus berhenti setelah malam tahun baru, meskipun, karena banyak kota menawarkan berbagai macam kegiatan Hari Tahun Baru juga. kembang api epik display, sepanjang malam pesta dansa, satu-of-a-kind tradisi-Anda budaya menemukan semua ini dan lebih di tempat-tempat terbaik di dunia untuk merayakan tahun baru. Pesta Tahun Baru Terbaik di Indonesia

    Pesta Kembang Api Tahun Baru


    Kota New York
    Ini mungkin tidak untuk semua orang, tapi tidak ada yang menyangkal bahwa Malam Tahun Baru di New York City memiliki suasana yang beberapa kota-kota lain bisa menyaingi. Paling terkenal, tentu saja, adalah pertemuan tahunan satu juta orang di Times Square untuk melihat musisi terkenal dan drop bola, di mana bola kristal 12-kaki-lebar beratnya hampir 12.000 pound turun di atas One Times Square. Untuk pengalaman sedikit kurang kacau, memesan reservasi di salah satu bar atau restoran yang menghadap Times Square. Dan untuk sesuatu yang sama sekali berbeda, pertimbangkan naik malam perahu di New York Harbor, yang menawarkan pemandangan terbaik dari kembang api tengah malam di Pulau Liberty.


    Rio de Janeiro
    Jika Rio terkenal karena perayaan Karnaval yang, perayaan malam tahun baru yang datang di dekat kedua. Ikon Pantai Copacabana tuan rumah terbesar di dunia (dan bisa dibilang paling liar) pesta malam tahun baru, di mana lebih dari dua juta orang menjejalkan ke dua-dan-a-setengah mil dari pasir. Dikenal sebagai Réveillon, perayaan unik Brasil ini yang memadukan keyakinan agama, adat, dan takhayul: Warga berpakaian kepala sampai kaki putih (dipercaya membawa keberuntungan) dan melemparkan segenggam bunga ke laut sebagai hadiah untuk Yemanja, dewi laut. Perayaan ini juga mencakup tahap lautan besar untuk hidup musik dan tari, dan pertunjukan kembang api berwarna-warni di tengah malam melengkapi adegan.

    Sydney
    Sydney memiliki dua klaim untuk ketenaran untuk perusahaan perayaan malam tahun baru: pertama, karena lokasinya, itu adalah kota besar pertama di mana jam pemogokan tengah malam; kedua, Sydney menempatkan pada pertunjukan kembang api terbesar di dunia, dengan satu pada 9 dan satu lagi di tengah malam, dengan ikon Sydney Harbour Bridge dan Opera House Sydney membuat untuk pengaturan mencolok. Lebih dari satu juta orang menghadiri acara tepi, yang juga mencakup sebuah pertunjukan udara dan air menampilkan akrobat udara, upacara merokok Aborigin yang dikatakan untuk membersihkan roh jahat, dan Harbour of Light Parade, armada lebih dari 50 kapal diterangi di pelabuhan.

    Edinburgh
    Hogmanay diterjemahkan menjadi "hari terakhir tahun ini," tetapi perayaan tahunan di Edinburgh sebenarnya terakhir tiga hari. Hal kick off pada 30 Desember dengan prosesi obor melalui kota yang memuncak dalam finale kembang api, sedangkan malam tahun baru adalah semua tentang pihak jalanan besar-besaran dan konser di luar ruangan, termasuk besar terbuka, Kelidh (pihak Celtic tradisional). Pada tengah malam, 4,5 ton kembang api meledak di atas Edinburgh Castle sementara jalan-jalan cincin keluar dengan bidang menyanyi ". Auld Lang Syne" Hari Tahun Baru membawa anjing kompetitif naik eretan di Holyrood Park; jiwa-jiwa pemberani melompat ke dalam air es dingin dari Sungai Forth pada akhir parade Loony Dook (acara amal); dan Scot: Lands, sebuah multivenue musik dan seni festival.

    London
    London cincin di Tahun Baru karena hanya mereka bisa, ke denting dari Big Ben di tengah malam. Lebih dari 250.000 orang memadati tepian Sungai Thames dan banyak jembatan untuk melihat spektakuler sepuluh menit lightshow dan kembang api, dengan London Eye, Gedung Parlemen (juga dikenal sebagai Istana Westminster), dan Shard antara highlights dari pemandangan perkotaan. menyenangkan tidak berakhir di sana, meskipun: Ada banyak setelah pihak, dan pada Hari Tahun Baru jalan-jalan pusat kota London melihat parade yang menampilkan mengapung berwarna-warni, marching band, penari berkostum, dan prosesi kuda Ratu.

    Hongkong
    Salah satu pencakar langit yang paling dramatis di dunia menyala setiap tahun dengan kembang api yang tumbuh lebih mengesankan setiap tahun, menyimpulkan dengan finale menyilaukan: naga piroteknik yang menari di langit. Peristiwa kick off di pusat perbelanjaan Times Square Hong Kong, di mana penurunan replika bola berlangsung dalam penghormatan kepada perayaan terkenal New York City. Victoria Harbour adalah pusat kegiatan malam, jadi cerdas penduduk setempat pesta di kapal, teras atap, atau di Avenue of Stars di Tsim Tsa Shui untuk yang terbaik dilihat dari lightshow menyilaukan.

    Berlin
    Ibukota Jerman memiliki reputasi untuk menjadi sebuah kota pihak sepanjang tahun, sehingga Anda dapat membayangkan apa yang Malam Tahun Baru (dikenal sebagai "Silvester") adalah seperti di sini. Inti dari perayaan adalah "Partai Mile," bentangan dua kilometer dari bar, warung makanan internasional, Laser menunjukkan, layar video, tenda pesta, panggung musik, dan lainnya antara Gerbang Brandenburg dan Victory Column. Setelah pertunjukan kembang api di tengah malam, orang banyak kepala ke banyak lantai dansa kota, di mana mereka tinggal keluar sampai fajar atau lambat. Untuk agak melawan pesta pora, penduduk setempat mengambil bagian dalam Berlin Silversterlauf (a "ras pancake" di mana flapjacks pelari sandal saat mereka menuju ke arah garis finish) di siang hari, atau berpartisipasi dalam tahunan, bebas empat kilometer Tahun Baru Run berikutnya hari.

    Las Vegas
    Lebih dari 300.000 orang yang bersuka ria turun pada modal partai ini untuk malam besar, ketika Las Vegas Strip menjadi bebas mobil dan berubah menjadi pesta jalanan raksasa dengan live band, menampilkan piroteknik, dan laser show. Kota ini juga menjadi tuan rumah sejumlah membingungkan dari konser, pertunjukan, dan pihak klub, hotel, dan kasino, yang berarti tidak ada kekurangan pilihan hiburan malam. Datang tengah malam, kembang api diluncurkan dari tujuh atap sepanjang Strip, sehingga kemungkinan Anda akan melihat mereka apakah Anda berada di jalan atau di over-the-top suite hotel.

    Bahama
    Hari Tahun Baru hanya menyenangkan seperti malam tahun baru di Bahama, di mana penduduk setempat mengikuti Junkanoo parade jalanan yang menyimpulkan dengan pertemuan pantai informal dan kembang api di sekitar pulau. Yang menampilkan musik, artis jalanan, dan kostum berwarna-warni, parade ini, semacam take Bahama pada Mardi Gras, juga berlangsung pada Januari 1. terkenal Tahun Baru Hari Junkanoos dapat ditemukan di pusat kota Freeport di Grand Bahama Island, di sepanjang Bay Street di pusat kota Nassau, di Nicholls Town pada Utara Andros, di Plymouth pada Green Turtle Cay, dan Alice Town di North Bimini. Atau, properti besar seperti Atlantis dan Grand Lucayan menawarkan pihak mereka sendiri, beberapa di antaranya ramah keluarga.

    New Orleans
    Ini mungkin tidak Mardi Gras, tapi malam tahun baru di New Orleans hanya sebagai mengesankan. Acara utama adalah mendebarkan kembang api 15 menit menunjukkan di Sungai Mississippi, bersama dengan penurunan Fleur de Lis, di mana "Baby Tahun Baru" dijatuhkan dari atap Brewery Jax di Jackson Square. Tentu saja malam tidak berakhir di sana, sebagai pengunjung dan penduduk setempat berduyun-duyun ke Bourbon Street dan Latin Quarter, di mana booming musik dari bar dan klub malam, dan jalan-jalan tetap ramai sampai larut.


    Jost Van Dyke
    Anda mungkin menyebutnya malam tahun baru, tetapi pada Jost Van Dyke, itu Malam Old Tahun. Perayaanpada kecil British Virgin Island ini berlangsung di Foxy Tamarind Bar dan tempat hiburan malam lainnya di Grand Harbor, dan menarik keramaian dari seluruh Karibia dan, pada kenyataannya, dunia. Salah satu pihak yang paling parau Tahun Baru di wilayah tersebut, perayaan Malam Old Tahun sebenarnya terdiri dari 48 jam musik, minum, dan makan; acara tahunan menarik ribuan partygoers bertelanjang dada atau berbikini yang tinggal sampai larut malam dan kadang-kadang tidur di pantai.

    Dunia Walt Disney
    Malam Tahun Baru di Walt Disney World adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi keluarga bepergian selama liburan. Taman tetap terbuka sampai 1 pagi, tapi itu dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan sepanjang hari. Menjelang tengah malam kembang api acara, ada Cirque du Soleil pertunjukan, pesta dansa, penghibur hidup, dan ledakan confetti untuk menjaga pengunjung dari segala usia dihibur. Disney Magic Kingdom adalah rumah bagi Jingle Jungle Parade, sementara Epcot menempatkan pada lampu dan laser tampil impresif tepat sebelum tengah malam. Ini juga plus yang WDW kurang ramai saat ini tahun daripada selama bulan puncak.

    Paris
    Kota Cahaya hidup sampai julukan pada malam tahun baru, ketika Menara Eiffel menjadi situs dari lightshow dan kembang api spektakuler. Dekatnya, Paris cincin di Nouvelle Année di Champs-Élysées, yang menjadi tuan rumah pesta jalanan besar-besaran, di mana mereka pop botol (apa lagi?) Champagne dan pipi pertukaran ciuman dan papillotes, cokelat dibungkus kertas gemerlapan yang crackles seperti petasan saat dibuka. Untuk daerah alternatif yang kurang ramai, Montmarte menawarkan pemandangan sama baik dari kembang api, atau Anda dapat memesan makan malam pelayaran kapal yang bateau-mouche di Seine.

    Baca Juga: Wisata Terbaik di Pontianak

    Wina
    Kota atmosfer ini terkenal dengan Tahun Baru-nya Eve Grand Ball, host di Hofburg Palace, tapi ada lebih ditawarkan dari keanggunan hanya kemunduran. pasar Natal yang terkenal Wina berubah menjadi pameran Tahun Baru, dan ratusan ribu bidang kerumunan (Jalur Tahun Baru) yang Silvesterpfad di pusat kota pada malam tahun baru. Dipicu oleh merenungkan anggur, pesta dimulai pukul 2 siang dan pergi sampai setelah tengah malam, dengan kembang api muncul selama Wiener Prater adil. Pada Hari Tahun Baru, kerumunan besar mengumpulkan luar Rathaus (Balai Kota) untuk menonton konser Vienna Philharmonic Tahun Baru di layar raksasa.






  • Fenomena Kulminasi Pontianak Event Wisata Menarik di Indonesia

    Kategori │Wisata

    Fenomena Kulminasi Pontiank Event Wisata Menarik di Indonesia - Pontianak adalah salah satu belahan pulau di Indonesia yang menyimpan keunikan dari kota lainnya. Alasan ini, bukan isapan jempol semata. Salah satu event tahunan yang sering dirayakan di ibukota Kalimantan Barat ini adalah Kulminasi Matahari.

    Pontianak Kota Wisata Paling Menarik di Indonesia



    Setiap dua tahun sekali atau sekitar tanggal 21-23 September dan 21-23 Maret terjadi kulminasi matahari di beberapa titik di dunia, termasuk di Indonesia. Peristiwa ini mampu menghilangkan bayangan benda yang berada di area lokasi. yang tidak kalah menariknya, sebutir telur dapat berdiri tegak tanpa bantuan apapun.

    Nyero.ID menyebutkan dinas Parawisata Pontianak mengemas peristiwa ini dalam event tahun dengan tema Pesona Kulminasi Matahari. Tak heran jika masayarakat suku dayak ini rela menyisihkan beberapa waktu untuk memperingati perayaan ini.

    Berdasarkan informasi yang yang dilansir oleh tim Dzargon, Penomena alam ini dapat memikat turis lokal maupun turis mancanegara untuk berdatangan ke pontianak hanya menyaksikan fenomena ini. Oleh pemerintah setempat, respon positif ini dijadikan sebagai momen untuk menjaring peningkatan kunjungan wisatawan ke Kalimantan Barat.

    Rangkaian kegiatan tertuang dalam event ini, sebagaimana yang disebutkan dalam artikel Pontianak kota wisata paling menarik di Indonesia ada beragam penampilan seni lokal, tari-tarian, musik, festival budaya, hingga hidangan kuliner tersaji pada event ini.

    Selain hal ini terdapat juga pestival menarik di bulan ramadhan yang tidak kalah serunya dengan tempat lain. Adalah pestival meriam karbit yang selalu dirayakan tiap ramadhan. Meski bulan ini selalu di hiasi dengan ceramah ramadhan, hal itu tidak membuat surut para wisatawan untuk memperingatinya.